AUDIT EKSTERNAL ISO 9001:2015 PADA UPT PERPUSTAKAAN UBT
  • Administrator Perpustakaan UBT
  • 14/09/2019
  • 14

AUDIT EKSTERNAL ISO 9001:2015 PADA UPT PERPUSTAKAAN UBT

Library News. Peningkatan mutu layanan Perpustakaan terus dilakukan, karena  dari mutu layanan yang diberikan akan mencerminkan kualitas sebuah perpustakaan. Maka dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan publik, UPT Perpustakaan UBT mulai menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Tanggal 9-10 September 2019, UPT Perpustakaan menjalani proses Audit Eksternal ISO 9001:2015 SMM  oleh TUV Rheinland Indonesia, yaitu lembaga sertifikasi sistem manajemen yang berada dibawah lisensi Komite Akreditasi Nasional RI.

Sebelum proses audit eksternal dilakukan, UPT Perpustakaan terlebih dahulu melakukan Audit Internal yang telah terlaksanakan pada 18-22 Juli 2019 dan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada 19 Agustus 2019. Audit Internal dan RTM merupakan rangkaian kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap lembaga yang akan di audit sertifikasi untuk meninjau hasil implementasi Sistem Manajemen Mutu.

Pelaksanaan  Audit Eksternal ini dilakukan oleh satu orang auditor yaitu Dr.phil., Dipl.Pol. Abdul Manan Aruli, kegiatan diawali dengan acara pembukaan di ruang Rapat UPT Perpustakaan Gedung Perpustakaan UBT Lantai 4 yang dibuka langsung oleh Dr. Ir. Adi Sutrisno, MP selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UBT, kemudian dilanjutkan dengan proses pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen yang telah disiapkan.  Dalam Audit Eksternal ini, auditor memastikan seluruh prosedur pelayanan yang dilakukan UPT Perpustakaan telah berkesesuaian dengan standar dan memenuhi klausul ISO 9001:2015. Ada 3 (tiga) bidang layanan yang diaudit, yaitu Bidang Layanan Pemustaka, Bidang Layanan Teknis dan Subbagian Tata Usaha.

Pelaksaanan audit eksternal berjalan lancar dan tidak ditemukan adanya temuan ketidaksesuaian (non conformity) mayor (temuan yang berdampak serius terhadap pencapaian mutu atau efektivitas sistem mutu), namun beberapa hal ada yang harus segera diperbaiki (ketidaksesuaian minor). UPTPerpustaka an akan melakukan perbaikan sesuai catatan-catatan yang diberikan Auditor Eksternal dalam waktu kurang dari satu bulan sesuai ketentuan manual mutu dalam ISO 9001:2015.

Hasil dari keputusan auditor, maka dinyatakan bahwa UPT Perpustakaan menyandang sertifikasi ISO 9001:2015 dan SNI ISO 9001:2015. Hasil keputusan audit diserahkan langsung oleh Dr.phil., Dipl.Pol. Abdul Manan Aruli selaku auditor eksternal kepada Dr. Ir. Adi Sutrisno, MP selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UBT bertempat di ruang Teleconference Gedung Perpustakaan Lantai 1. Selamat kepada UPT Perpustakaan UBT, semoga bisa terus berkomitmen untuk memperkuat sistem pelayanan. Dan diharapkan  melalui ISO 9001:2015, UPT Perpustakaan UBT bisa menjadi penopang dan pendukung untuk meningkatkan akriditasi institusi maupun program studi.

Tags:
Share:

Tulisan Terkait

Persiapan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada UPT Perpustakaan UBT


Dalam rangka peningkatan pelayanan perpustakaan kepada pemustaka, perpustakaan harus senantiasa meningkatkan kemampuannya dan kualitas pelayanan. Peni... Selengkapnya


Kontributor

Administrator Perpustakaan UBT


Selengkapnya

-- Komentar ditutup --